Beragam Madu - Fuji Astuty

Minggu, Maret 26, 2017

Beragam Madu



Madu adalah pemanis yang baik dan sangat aman untuk orang penderita diabetes melitus tetapi dengan madu yang benar-benar asli. karena madu asli mengandung gula sederhana atau monosakarida, sehingga untuk proses di dalam tubuh manusia tidak akan memberatkan bagi saluran pencernaan, terutama kerja dari pankreas. Pankreas merupakan salah satu kelenjar pencernaan yang tugasnya menghasilkan insulin. Insulin bertugas untuk membantu mengubah gula darah menjadi gula otot. Madu tidak hanya aman untuk orang yang menderita diabetes melitus namun madu memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
Madu (Sumber : Google)

Umumnya madu digolongkan berdasarkan dari tempat lebah berkembang biak contohnya madu durian dihasilkan dari lebah yang hidup di sekitar kebun durian, jadi madu yang dihasilkan mengandung sari durian. Dengan demikian ada macam-macam madu beserta khasiatnya, antara lain :


  •  Madu Apel, memiliki khasiat dalam mengatasi insomnia (sulit tidur), meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga baik sekali dalam menjaga kesehatan sehari-hari, mengobati rasa mual, memperkuat kandungan ibu hamil, memperlancar fungsi otak, menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar sirkulasi darah dan mengobati luka bakar.
  • Madu akasia, memiliki khasiat dalam meningkatkan nafsu makan, daya tahan tubuh serta dapat membuat tidur menjadi nyenyak.
  • Madu belimbing dapat mengobati tekanan darah tinggi, meredakan gangguan batuk, dan menurunkan kadar kolesterol.
  • Madu durian, dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi insomnia, mengobati luka bakar, mengobati darah rendah, memperbaiki aliran darah, dan juga dapat mengobati rasa mual.
  • Madu damar, jenis madu ini sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sariawan, dan membantu pengobatan kanker.
  • Madu hutan atau multiflora, madu ini juga sangat baik untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja keras. karena sangat bermanfaat untuk memperlancar fungsi otak dan meningkatkan daya tahan tubuh. selain itu, dapat juga untuk menyembuhkan rematik, mengobati luka bakar, anemia, meningkatkan nafsu makan serta dapat mengatasi tekanan darah rendah.
  • Madu jambu air, berkhasiat dalam mengatasi insomnia (sulit tidur), meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati rasa mual, memperkuat kandungan ibu hamil, dan mengobati luka bakar.
  • Madu jambu mete, madu ini juga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, rematik, luka bakar, sariawan, menurunkan demam, dan meningkatkan nafsu makan.
  • Madu kaliandra, dapat meningkatkan produksi hormon, memperlancar sistem pencernaan, menyembuhkan tekanan darah tinggi, membuat tidur lebih nyenyak, menyembuhkan luka bakar, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat membantu pengobatan kanker.
  • Madu lengkeng, jenis madu ini memiliki banyak khasiat, antara lain : memperlancar pengeluaran urine, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik untuk pekerja keras,  pelajar, mahasiswa dan para pemikir yang sangat membutuhkan energi berpikir. juga dapat menyembuhkan sakit pinggang, maag, batuk, flu, dan mempercepat penyembuhan luka bakar atau luka setelah operasi.
  • Madu kopi, berkhasiat untuk mengatasi insomnia, meningkatkan nafsu makan, memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengobati luka bakar.
  • Madu karet, dapat menyembuhkan penyakit hepatitis, mengatasi keputihan, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka bakar, menyembuhkan alergi, meredakan rasa gatal, dan meningkatkan fungsi otak.
  • Madu kapuk, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, nafsu makan, dan memperlancar fungsi otak. selain itu, dapat mengobati sariawan, menyehatkan hati/lever, menyembuhkan demam, batuk, dan flu. dan juga dapat menghilangkan bau mulut serta menyembuhkan luka.
  • Madu mahoni, madu yang berbeda dengan kebanyakan madu lainnya. madu ini memiliki rasa pahit, namun madu ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. selain itu, berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat, mengobati malaria, menurunkan demam, meningkatkan nafsu makan, mengatasi keputihan, mengatasi tekanan darah tinggi dan mengobati penyakit rematik.
  • Madu mentimun, untuk mengobati insomnia, menurunkan demam, memperlancar urine, mengobati sariawan, tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol.
  • Madu mangga, bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan luka bakar, memperlancar urine, mengobati anemia, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Madu rambutan, untuk meningkatkan fungsi otak, memerlancar urine, mengobati anemia, menurunkan demam, dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga sangat baik bila dikonsumsi sehari-hari, menyembuhkan sakit pinggang, sakit maag, luka bakar dan sangat baik bagi ibu hamil.
  • Madu nanas, dapat menurunkan kadar kolesterol, membantu pencernaan, dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.




Yuliarti, Nurhati. 2015. Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan. Penerbit Andi : Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *