Panorama Pulau Berhala - Fuji Astuty

Jumat, Agustus 04, 2017

Panorama Pulau Berhala

Indonesia memiliki banyak pulau dan salah satunya adalah pulau Berhala. Pulau Berhala berada di selat Malaka dan terletak di kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini terletak di luar dari NKRI dengan luas sekitar 14.75 ha.

Karena berbatasan dengan negara tetangga, maka pulau ini dijaga oleh para Marinir. Sehingga para marinir inilah yang menghuni pulau ini. Pulau sini juga menjadi salah satu tempat penangkara penyu di Indonesia. Namun, telur-telur penyu banyak dicuri, sehingga telur-telurnya berkurang. Bila kita saling menjaga tentu saja, negeri kita akan kaya bukan saja hasil alam tapi hewan-hewannya. Dan ini juga menjadi salah satu keinginan orang untuk berkunjung karena adanya penangkaran penyu. Sedangkan induk dari penyu berada di lautan.

Ia akan muncul ketika sunyi. Induk penyu memiliki tubuh yang besar, karena besarnya sehingga 5 orang bisa mengangkatnya. Bisa dibayangkan berapa kali besarnya penyu tersebut. Sekitar 2 atau 3 jam perjalanan dari kota Medan ke Pelabuhan Serdang Bedagai dan butuh waktu 4 sampai 5 jam lagi menyeberang dengan kapal untuk sampai ke Pulau tersebut.

Tidak ada penginapan khusus di Pulau ini, jika ingin menginap bisa menyewa mess marinir atau membawa tenda sendiri. Sedangkan untuk makan dan minum, kita memasak sendiri atau membawa koki yang ahli masak. Mereka yang pernah ke sana mengatakan bahwa pulau itu sangatlah indah. Dan saya pun mengatakan demikian.

Di Pulau Berhala kita dapat melihat keindahan lautan melalui mercusuar. Mercusuar ini dibangun untuk mengawasi wilayah perairan Pulau Berhala yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Untuk pergi ke mercusuar di Pulau Berhala, harus menaiki anak tangga sekitar 800 anak tangga berbeda dengan di Pulau Pandang.

Kita harus menaiki jalan seperti bukit. Dari mercusuar kita dapat melihat pulau sokong nenek dan pulau sokong datuk di tengah lautan lepas. Di pulau Berhala, airnya masih jernih dan banyak ikan, cumi dan lainnya. Selain itu memiliki terumbu karang. Tempat ini, juga sering dikunjungi oleh wisata lokal. Dan ramai saat liburan panjang.

Bahkan menjadi tempat yang mengasyikan untuk moment pergantian tahun. Banyak acara yang dibuat oleh wisata lokal mulai dari api unggun hingga pesta lampion. Selain itu, bagi orang yang suka dengan memancing, tidak akan membuang kesempatan itu.

9 komentar:

  1. Wah...kayanya jauuh banget ya? Kesananya naik apa? Brp lama? See u deh berpetualang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke sana lumayan jauh juga mbak.... naik kapal kecil, tapi seru mbak.... kalo mbak berkunjung kemari.... ayuk kita ke sana mbak :)

      Hapus
  2. Penasaran kenapa disebut "Berhala" agak agak gmn gtu hehe
    Adeuh, semoga penyu2nya gak punah ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah penyu nya tidak punah mbak.... cuma dari sekarang ini kita harus berusaha menjaganya :)

      Hapus
  3. waaah, udah sampe aja ke sana ya, kak. Jadi kangen pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. membahas pantai Rin.... tidak ada habisnya..... pengen pergi lagi ke pantai2 yang ada di Indonesia, namun..... kendala di budget.... hehehehe.... ayok kita ramai2 ke sana Rin :D

      Hapus
  4. pingin ke sana,,,
    jauh sih tapi suatu saat kalau tugas audit ke daerah sana kuusahakan mampir.

    Berapa budjet yang perlu dianggarkan ya?

    Terima kasih dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Ina.... salam kenal dari Fuji, ternyata mbak seorang auditor, duh senangnya bisa berkenalan dengan mbak. di tunggu mbak kedatangannya, kemari budgetnya sekitar Rp 500 ribu itu pun masih ada sisa mbak :D , dari Medan ke situ ya mbak, tapi kalo dari tempat mbak pasti lebih mbak :D

      Hapus
  5. Haiiii, mb Fuji. Mampir juga diriku disini. Kucariin apalah nama blognya. Ternyata disini deh

    Dari dulu penasaran banget sama pulau Berhala. Pengen. Tapi kayaknya kok kalo bawa anak - anak kesana, agak repot hihihi

    BalasHapus

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *