Lalu Lintas Medan yang Menginspirasi Indonesia - Fuji Astuty

Minggu, September 03, 2017

Lalu Lintas Medan yang Menginspirasi Indonesia



http://kriminalitas.com/wp-content/uploads/2015/12/KBH0000413.jpg

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini di kota Medan salah satunya adalah kemacetan lalu lintas. Lalu lintas merupakan sarana untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga lalu lintas menjadi suatu hal yang sangat penting. Masyarakat tidak bisa menghindari kemacetan yang terjadi. Kemacetan lalu lintas menjadi suatu permasalahan yang sehari-hari terjadi di kota-kota Indonesia salah satunya di Medan. Namun, kemacetan tidak dapat dielakkan. Tetapi tidak semua waktu terjadi macet dan tidak semua daerah di Medan mengalami kemacetan. Ada jam-jam tertentu kemacetan yang terjadi di Medan, antara lain pada jam-jam kerja pukul 07.30 wib – 09.30 wib kemudian pada saat makan siang dari jam 11.00 wib – 12.30 wib dan jam pulang kerja pukul 17.00 wib – 19.00 wib. Demikian pula tidak semua tempat-tempat di kota medan mengalami kemacetan. Umumnya kemacetan terjadi di sekitar wilayah kota antara lain : di jalan Thamrin, Jalan Sutomo, Jalan Guru Patimpus, Jalan Cemara, dan lainnya. Ini akan menjadi masalah yang serius jika kita tidak bertindak secara cepat maka beberapa tahun kemudian Medan akan mengalami kemacetan yang parah. 

http://lintasmedan.com/wp-content/uploads/2015/01/macet.gif
Kemacetan lalu lintas memberikan dampak negatif bagi masyarakat, diantaranya mobilitas masyarakat akan terganggu, penggunaan BBM yang boros, pemborosan waktu, polusi udara, selain itu terjadinya stress dan sebagainya. Kemacetan lalu lintas sangat sulit untuk dihilangkan namun perlu dikurangi kemacetan tersebut. Dan Pemerintah kota Medan telah berupaya untuk mengurangi kemacetan di Medan, mulai dari membangun jembatan layang, mengubah arah lalu lintas dengan satu arah, melebarkan jalan raya dan lainnya. 

Untuk itu, kita perlu belajar dari negara-negara luar mengenai tertibnya penggunaan lalu lintas seperti pengembangan kereta api kota di Singapura dikenal dengan MRT. Selain itu pemerintah perlu menyediakan sarana transportasi dengan biaya yang murah sehingga masyarakat merasa nyaman menggunakan sarana transportasi itu. Dan mentertibkan pedagang-pedagang kaki lima yang selalu berdagang di pinggiran jalan raya sehingga menyebabkan kemacetan terjadi. Dengan bertindak tegas untuk berdagang di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah. Namun, semua itu perlu juga adanya kesadaran masyarakat dan pengguna jalan serta pihak kepolisian khususnya polantas untuk bekerjasama untuk menjadikan kota Medan tertib dalam lalu lintas dan menginspirasi Indonesia.


Banyak pihak yang membantu Kota Medan dalam bersosialisasi mengenalkan lalu lintas dan peraturannya. Sehingga memberi kesadaran bagi semua pihak untuk mentaati peraturan lalu lintas demi ketertiban dan keamanan dalam berlalu lintas. Di antaranya PT Astra International Tbk juga memanfaatkan aplikasi  gadget untuk memanggil layanan jasa online yang lebih laku  di pasaran untuk membantu kondisi darurat Mobil kita di jalanan 24 jam khusus untuk mobil-mobil yang mereka produksi. Sejak 10 Juli 2016 lalu, aplikasi ANAVIGO di  launching untuk membantu kita yang berkendaraan mobil di saat darurat 24 jam di jalan. Kita bisa berkonsultasi teknis mengenai gangguan pada kenderaan kita dan juga bisa meminta bantuan pada petugas ANAVIGO untuk membawa kenderaan kita yang rusak ke tempat yang aman. Manfaat lainnya, apabila kunci mobil kita tertinggal di dalam mobil dengan kondisi terkunci. Petugas ANAVIGO dapat membantu kita untuk mengganti aki yang soak jika di tengah jalan ataupun jika ban mobil kita meletus di tengah jalan. Kondisi-kondisi ini bisa kita manfaatkan aplikasi ANAVIGO untuk memanggil petugas Astra World dalam membantu penggantian ban. Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut kita harus mengunduh aplikasi ini di Play Store dan App Store. 



PT Astra Internasional Tbk juga menyiapkan sumber daya manusia yang terbaik untuk kemajuan bangsa. Perusahaan tersebut mempunyai sebuah kegiatan dalam program Inspirasi 60 tahun Astra, dengan meluncurkan program inspiratif dan inovatif yang bertajuk IAABL atau Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas. Melalui program ini, Astra mengajak masyarakat bersama-sama menjadi pengguna jalan yang baik dan juga pengendara yang memahami akan aturan lalu lintas sehingga terwujudlah lalu lintas yang aman dan masalah-masalah lalu lintas dapat teratasi.



6 komentar:

  1. alikasinya sepertinya sangat bermanfaat, dulu aku pernah mogok mobil nggak bisa di starter. mau dorong cuman sendiri, akhirnya nanya2 ke tukang parkir ada bengkel jauhnya 1 kilometer. jadi jalan kaki deh ke bengkel manggil tukang bengkel ke tempat kami mogok

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. gak sanggup aku mencernanya nih....

      tapi aku cari tahu apakah anavigo ini sejenis dengan gmaps

      Hapus
  3. baru tahu layanan anavigo, soalnya kalau mogok mobil tengah jalan telpon saudara lalu saudara bawa orang bengkel.

    BalasHapus
  4. apa memang di sana, jumlah kendaraannya masih lebih sedikit dibandingkan jakarta?
    thank

    BalasHapus

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *