Maju Kembangnya PT Astra International Tbk dalam Berbisnis - Fuji Astuty

Senin, Desember 18, 2017

Maju Kembangnya PT Astra International Tbk dalam Berbisnis

PT Astra Internationa Tbk


Astra merupakan salah satu perusahaan yang sering dianggap sebagai barometer perekonomian di Indonesia dengan melihat kehadirannya pada berbagai sektor. Astra telah beroperasi selama 60 tahun di Indonesia. Selama enam dekade ini, Astra terus berupaya untuk berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa dalam berbagai bidang, antara lain : otomotif, agribisnis, alat berat, pertambangan, energi, jasa keuangan, teknologi informasi, dan infrastruktur & logistik. Selama ini, Astra juga telah melewati berbagai situasi dan kondisi ekonomi serta sosial. Astra pun juga mengalami beberapa perubahan kepemimpinan. 

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Yang diawali dari sebuah perusahaan perdagangan kecil yang didirikan oleh dua saudara William Soerjadjaya dan Tjia Kian Tie. Setelah Indonesia dilanda krisis keuangan di akhir 1990-an, Astra menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Krisis tersebut membuat Astra untuk merestrukturisasi dan mereorganisasi model bisnisnya (termasuk pengambil-alihan oleh Jardine Matheson Group yang berbasis di Hong Kong pada tahun 1999 melalui anak perusahaan Jardine Cycle & Carriage Ltd). Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk. Kemudian berkembang dan menjadi perusahaan yang tercatat terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan total kapitalisasi pasar lebih dari tujuh persen. 

Perusahaan Go Public


Perusahaan ini merupakan grup otomotif terbesar di Asia Tenggara dan menyediakan berbagai produk mobil dan sepeda motor, meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini telah mengurangi ketergantungan tradisionalnya pada industri otomotif dengan melakukan ekspansi ke sektor lain untuk menumbuhkan aliran pendapatan lainnya. 

Berbagai produk yang dihasilkan, antara lain minyak kelapa sawit, batu bara dan kenderaan bermotor, terus dieskpor sehingga Astra dapat berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara. 

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia, tahun 2015 Astra memperkerjakan lebih dari 225.580 orang di 183 perusahaan. Sebagai salah satu grup usaha yang terbesar nasional saat ini. Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik.

Astra banyak mendapatkan penghargaan baik secara nasional maupun Internasional dalam beberapa tahun terakhir dan menetapkan tujuan ambisiusnya, yaitu membangun nama merek global untuk kebanggaan Inonesia di tahun 2020.

1 komentar:

  1. Koorporasi yang menembus lintas batas wilayah dan waktu. keren!
    Terima kasih dan Salam kenal

    BalasHapus

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *