Usaha Kecil Menengah dan Accurate Online - Fuji Astuty

Rabu, Februari 14, 2018

Usaha Kecil Menengah dan Accurate Online



Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, mempengaruhi kehidupan masyarakat di dunia dan termasuk di Indonesia. Dunia digital merupakan bagian dari teknologi yang tinggi. Masyarakat di Indonesia saat ini banyak menggunakan teknologi di dalam aktivitasnya. Sayangnya banyak sekali UKM (Usaha kecil Menengah) di Indonesia yang belum melek digital dan memiliki pembukuan yang rapi, padahal dunia digital sedang naik daun. Sebenarnya UKM sangat membantu di dalam perekonomian. Melalui UKM banyak masyarakat yang memiliki pekerjaan, karena UKM membutuhkan tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran. Saat ini Indonesia memiliki jumlah UKM berkisar 60 juta, dan kemungkinan akan mengalami peningkatan. Bila pemilik UKM bisa melek digital tentu mereka dapat memanfaatkan era digital untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Kini, kita memasuki era industri 4.0 yaitu era dimana pelaku usaha diwajibkan untuk melek digital. Dengan demikian para pengusaha harus bisa mengalihkan bisnis dari offline ke online. 

Salah satu bagian dari melek digital adalah hadirnya e-commerce dan marketplace di Indonesia maka bermunculan pengusaha-pengusaha baru dengan menjual produk dan jasanya melalui internet. Baik itu pengusaha individu dengan modal terbatas maupun pengusaha yang memiliki modal yang cukup besar serta membangun toko online sendiri. Dengan tumbuh kembangnya toko online di Indonesia, membuat retail offline harus kehilangan pendapatan bahkan ada yang tutup. UKM di Indonesia masih banyak menggunakan metode konvensional. Apabila para pelaku UKM tidak tanggap dengan kehadiran digitalisasi bisnis, hal ini akan mempengaruhi perkembangan bisnis mereka. Menurut Vikrie Ferdiansyah, Direktur Marketing SolusiUKM.com “sejak trend ini mulai dan kian masif sampai saat ini, kita bisa lihat ceruk kue hanya untuk mereka yang dapat beradaptasi dengan cepat. Terlambat pun tidak masalah, asal segera berbenah dan beradaptasi masih ada peluang untuk survive bahkan untuk growth sekalipun.”

Bila hal ini dibiarkan maka banyak UKM di Indonesia yang berkurang, dikarenakan kalah dalam bersaing dan mengakibatkan kerugian sehingga UKM tersebut akan tutup, tentu akan mempengaruhi perekonomian di Indonesia. Era industri 4.0 adalah era dimana semua pekerjaan akan diambil alih oleh komputer. Dengan demikian, solusiUKM.com membuat event di kota Medan untuk membantu pelaku UKM Medan agar lebih melek dalam penggunaan teknologi digital pada bisnis mereka. Dengan tema “Hidup Secara Digital Atau Mati Konvensional. Acara ini telah dilaksanakan hari Jum’at tanggal 9 Februari 2018, pukul 15.30-19.00 wib dan bertempat di CoWorking EV Hive Medan, Komp. Ruko Centre Point Medan, Jalan Timur Blog G No. III/IV 2nd Floor, Gg. Buntu, Medan Timur, Kota Medan 20236. Dengan pembicara Laksamana Mustika dan Vikrie Ferdiansyah. Event ini banyak mengundang masyarakat kota Medan untuk memberikan pemahaman betapa banyak manfaat dari melek digital pada UKM. 

Semakin berkembangnya dunia digital, masyarakat lebih suka berbelanja online, selain mendapatkan diskon, masyarakat dapat memanfaatkan waktu dengan baik, dan juga tidak mengeluarkan biaya yang lumayan. Sehingga tahun 2017 jumlah investasi e-commerce di Indonesia mencapai angka USD 5 milliar, angka tersebut membuat sektor e-commerce menjadi sektor ekonomi yang paling strategis. 

Accurate Online

Apabila pembukuan di UKM kurang tersistem dan rapi, sulit untuk mengetahui besarnya omset yang diperoleh. Sehingga para pelaku UKM sulit mengambil keputusan di dalam manajemennya. Di sini solusiUKM juga mengenalkan tool pembukuan digital bagi UKM, yakni aplikasi keuangan Accurate Online ( AOL) yang dapat digunakan untuk menyusun sistem keuangan usaha menjadi lebih baik dan rapi dan dapat digunakan dimanapun serta menggunakan PC ataupun dengan smarthphone. Selama ini kita mengenal program Accurate namun tidak secara Online. Dengan adanya Accurate Online ( AOL) akan mempermudah para pelaku UKM untuk mengetahui laporan keuangannya dengan cepat. Dan para pelaku UKM akan mudah untuk mengambil sebuah keputusan yang strategis untuk bisnisnya. Sehingga membantu dalam operasional bisnisnya dan omzet bisnisnya dapat mengalami peningkatan. Dengan demikian sudah saatnya bisnis kita beralih pada melek digital agar semakin berkembang dan dibarengi dengan sistem keuangan yang digital juga yaitu Accurate Online.

1 komentar:

  1. ayoo dukung ukm masuk dunia online, biar bisa bersaing sama yang sudah besar

    BalasHapus

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *