(Event Report) : Kolaborasi UKM Centre Sumut dengan PT Pegadaian - Fuji Astuty

Selasa, Maret 27, 2018

(Event Report) : Kolaborasi UKM Centre Sumut dengan PT Pegadaian



UKM Centre dengan PT Pegadaian

Mencari pekerjaan saat ini sangat sulit, lebih  banyak pelamar kerja daripada perusahaan. Sehingga banyak pengangguran di Indonesia. Walaupun ada yang sudah bekerja namun salary tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan ada perusahaan yang melakukan tindakan yang tidak baik pada karyawannya, selain itu banyak pekerja yang berada di posisi yang tidak sesuai dengan keahliannya, dan lainnya. 

Melihat fenomena tersebut pemerintah mengadakan program dengan memberi bantuan berupa pinjaman dengan bunga yang sangat minim agar masyarakat membuka usaha. Untuk membuka usaha tidak hanya modal nekat, perlu juga uang sebagai modalnya. Kendala yang dialami oleh masyarakat adalah mereka tidak punya modal.

Beberapa hari yang lalu, di Medan. UKM Centre bekerja sama dengan PT Pegadaian untuk memberi pinjaman modal bagi para UKM-UKM di kota Medan dan sekitarnya. Acara tersebut diadakan di Hotel Grand Inna pada tanggal 8 Maret 2018 dari pukul 13.00 wib hingga 17.30 wib. Dan UKM yang diundang tidak hanya dari kota Medan melainkan ada dari daerah Deli Serdang, Stabat, dan Tebing Tinggi yang menghadirkan 100 orang peserta. 

Sharing dengan Para Tokoh dari Pegadaian

Acara dimulai dengan kata sambutan dari pihak Pegadaian sendiri, kemudian diikuti oleh Ketua UKM Centre setelah itu pengalaman dari seorang pengusaha muda yang sudah mapan yaitu Alween Ong. Mendengar penuturan dari Alween Ong, saya sangat tertarik untuk membuka usaha, awalnya saya berniat menunda untuk membuka usaha. Tapi saya sadar, tidak ada gunanya untuk menunda dalam memulai usaha. Alween Ong menjelaskan pengalamannya mengenai bagaimana dia memulai usahanya dari nol hingga menjadi besar dan apa saja yang telah dilakukan olehnya dengan banyak kegiatan. Untuk membuka UKM kita perlu masuk ke dalam komunitasnya. Pemerintah tidak hanya memberi kemudahan dalam pinjaman melainkan adminitrasi sudah diberi kemudahan, selain itu Pemerintah juga memfasilitasi kegiatan-kegiatan para UKM.

Sekarang ini era digital, jadi kita perlu memanfaatkan digital tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tapi kita bisa memanfaatkannya dalam usaha kita. Selain meluas jaringan, juga adanya efisiensi di dalam pembiayaan. Dan produk kita mudah dikenal di beberapa daerah dengan cepat. Hal ini juga dijelaskan oleh pihak Pegadaian perlunya menggunakan digital di dalam menjalani usaha.
Selain pembicara yang cukup kece dan cerdas, para pelaku UKMnya juga semangat. Dan ada beberapa UKM yang bisa mengikuti era digital dan ada juga yang tidak bisa mengikuti era digital. Hal ini dikarenakan faktor usia. Usia juga mempengaruhi dalam fokus seseorang dan daya tangkap seseorang bukan karena tidak cerdas. 

Produk-produk Pegadaian

Selama ini kita hanya mengenal Pegadaian sebagai tempat untuk menggadaikan emas, namun Pegadaian memiliki banyak produk yang ditawarkan pada masyarakat, antara lain : 
1. Pembiayaan Kenderaan Bermotor Syariah
Memiliki kendaraan pribadi merupakan impian pribadi setiap orang/keluarga. Amanah dari Pegadaian Syariah adalah solusi untuk karyawan dan pengusaha kecil agar dapat memiliki kendaraan pribadi secara syariah. Dengan cara diangsur dan berprinsip syariah serta melalui proses pembiayaan yang mudah.
2. Cara Cepat Dapat Porsi Haji 
Pegadaian Syariah ingin membantu umat muslim dalam melaksanakan ibadah haji dan merupakan rukun islam yang kelima. ARRUM Haji adalah suatu produk dari Pegadaian Syariah yang memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan porsi haji dengan jaminan emas. 
3. Pegadaian Kredit Cepat dan Aman
Produk yang dimiliki Pegadaian selanjutnya adalah Pegadaian Kredit Cepat atau Pegadaian KCA. Produk yang ditawarkan oleh Pegadaian dalam mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat dan aman. Agunan berupa perhiasan emas, emas batangan, mobil, sepeda motor, laptop, handphone dan barang elektronik.
4. Kredit Gadai Sistem Angsuran
Selanjutnya, Kredit Gadai Sistem Angsuran yang dikenal dengan Krasida yaitu kredit angsuran bulanan untuk keperluan konsumtif dan produktif dengan jaminan emas dan kenderaan bermotor solusi terpercaya dalam mendapatkan fasilitas kredit dengan cara cepat, mudah dan murah.
5. Kredit Mikro Pegadaian
Kreasi-Umi (Ultra Mikro Pegadaian). Kreasi dan Umi adalah kredit dengan angsuran untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB kenderaan bermotor.
6. Investasi Emas Batangan
Di Pegadaian kita bisa melakukan investasi emas batangan. Produk ini dikenal dengan Mulia Angsuran Personal. Produk ini merupakan pilihan layanan Investasi emas batangan secara angsuran perorangan dan kelompok di outlet Pegadaian dengan proses.
7. Multi Pembayaran Online
Layanan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti Listrik, Telepon, PDAM, Pembelian pulsa, pembelian tiket KAI dan lain sebagainya secara online di outlet Pegadaian di seluruh Indonesia. Produk ini dikenal dengan MPO.
8. Layanan Pengiriman Uang
Layanan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri dengan biaya kompetitif yang bekerjasama dengan beberapa remiten berskala Internasional. Produk ini dinamakan Remittance merupakan solusi terpercaya untuk kirim dan terima uang kapanpun dan dimanapun secara instan, cepat dan aman.

Dari produk-produk Pegadaian tersebut, kita mengetahui bahwa produk tersebut diberikan kepada masyarakat di Indonesia dalam memenuhi kebutuhannya. Diantaranya pinjaman usaha untuk UMKM. Jadi para UMKM tidak perlu bingung atau khawatir dalam pengembangan usahanya. Karena ada keunggulan yang diberikan oleh Pegadaian antara lain : 
Prosedur pengajuan kredit sangat cepat dan mudah dengan agunan BPKB.
Pinjaman Kreasi mulai dari Rp 3.000.000,- hingga Rp 4.00.000.000,-
Pinjaman UMI mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 10.000.000,-
Proses kredit hanya butuh 3 hari, dan dana dapat segera cair.
Pinjaman dengan sewa modal relatif murah dengan angsuran tetap per bulan.
Pinjaman berjangka waktu fleksible dengan pilihan 12, 18, 24, 36, 48 bulan.
Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.
Pelayanan Kredit Mikro diseluruh outlet Pegadaian di Indonesia.

2 komentar:

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *