Pengasuhan Finansial pada Anak Sejak Dini - Fuji Astuty

Sabtu, Desember 08, 2018

Pengasuhan Finansial pada Anak Sejak Dini



Memiliki anak yang sehat tidaklah cukup. Tentu orang tua menginginkan anak yang sholeh maupun sholehah. Namun, tanpa sebuah ilmu, bagaimana mendidik anak menjadi sholeh dan sholehah. Anak yang sholeh dan sholehah  tidak  hanya memilliki  akhlak yang baik akan tetapi  mengetahui apa yang harus dilakukannya dalam hidup ini. Demikian pula dalam hal keuangan, mereka  dapat menggunakannya dengan  penuh kebijakan

Banyak orang tua yang mengeluh, ketika melihat kenakalan mereka. Sayangnya mereka tidak mau intropeksi diri dan menganggap bahwa anak mereka yang salah. Itu adalah suatu keegoisan dari orang tua. Padahal anak bisa paham karena didikan orang tua. Jadi orang tua perlu melihat apa yang telah dilakukannya selama ini. Apakah yang dilakukannya sudah tepat atau belum?

Undangan Seminar Paarenting

Tanggal 1 Desember 2018, saya menghadiri undangan seminar parenting sekaligus lounching buku Pengasuhan Keuangan yang diadakan di LJ Hotel Jl. Perintis Kemerdekaan di Kota Medan. Dan acara tersebut diadakan pukul 09.30 wib. Dengan pembicara yang bernama Indah Hendrasari. Selama ini setiap seminar parenting selalu saya abaikan karena saya pikir belum begitu penting. Namun, saat ini saya sadar bahwa pemahaman mengenai parenting itu sangat penting. Hal ini dilihat dari kondisi anak-anak zaman now bahasa yang sangat trend sangat jauh dari tingkat kesopanan. Selain itu, saya mengenal baik pembicaranya sehingga saya menghadiri seminar tersebut. Kenapa ? karena  kak Indah yang biasa dipanggil dengan sebutan bunda Indah, adalah sosok wanita yang cerdas dan memiliki wawasan luas apalagi mengenai parenting.





Suasana Seminar

Begitu tiba di tempat tersebut ternyata banyak peserta yang datang. Mereka sangat antusias ingin mendapat ilmu dari si pembicara. Dengan harga tiket seminar tersebut, menurut saya siapapun tidak akan menyesal. Selain mendapat ilmu, peserta juga memperoleh door prize yang mengejutkan. Tidak hanya isinya dan door prizenya juga banyak. Dan pada hari itu juga peserta akan mendapat diskon 20% dari buku yang di launching Kak Indah. Namun, peserta juga mendapat diskon 10% bila membeli buku tersebut tidak pada hari itu dengan menunjukkan kartu diskon yang diberikan di dalam goodie bag. Dan diskon 10% hingga batas 31 Desember 2018. Waktu yang lumayan lama yang diberikan kepada pihak yang berniat untuk membeli buku tersebut dan ingin mendapat diskon. 



Tema Seminar 

Tema dari seminar ini adalah Membekali Kemandirian Finansial Anak Sejak Dini. Membaca tema seminar ini membuat kita sadar bahwa anak-anak perlu dididik dalam hal mandiri terhadap finansial walau mereka masih kecil. Karena bila sudah besar sulit bagi kita untuk mendidik mereka. Banyak orang tua tidak mengajarkan pada anak dalam kemandirian finansial anak-anaknya. Sehingga wajar saja bila anak yang sudah dewasa akan bersikap konsumtif. Bila  anak telah memahami tentang uang  dan tahu  menggunakan  uang  tersebut, hal itu akan menjadikan ia sebagai pribadi yang produktif.

Karena tidak mengajari mengenai pengaruh keuangan di dalam kehidupan. Dan itu adalah investasi yang terbaik, salah satunya adalah senyum. Selain itu, orang tua tidak mengajari bahkan mengenal arti uang itu pada anak-anaknya. Uang ada batasannya. Misalnya, “ mama gak ada uang, namun anak beli sesuatu. Karena itu kita menyatakan uang itu ada batasannya sehingga anak juga belajar menunggu atau melatih keinginan untuk sesaat. Namun, itu diajarkan secara berulang-ulang. Selain itu perlu adanya perencanaan. Belajar merencanakan keuangan. 

Buku  yang dituangkan oleh Kak Indah merupakan ide dia dan suaminya yang telah dipraktekkannya selama ini pada anak-anaknya. Itu merupakan pengalamannya dalam mendiddik anak-anaknya. Dan Alhamdulillah saya banyak mendapat ilmu dari pengalamannya. Walaupun saya belum menikah, dan itu akan menjadi modal saya saat saya menikah kemudian memiliki anak. Maka saya dapat mendidik anak-anak saya.


Tidak ada komentar:

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *