Soft Launching Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumut di Area Bandara Kualanamu - Fuji Astuty

Kamis, Maret 21, 2019

Soft Launching Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumut di Area Bandara Kualanamu




Bandara Kualanamu

Kota Medan merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Utara. Setiap kota di Indonesia memiliki Bandar Udara. Bandar udara atau disingkat dengan bandara atau nama lainnya adalah pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas bagi tempat pesawat terbang untuk dapat lepas landas maupun mendarat. Sebuah bandara kelas internasional yang dikenal di Jakarta bernama Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sedangkan di Sumatera Utara nama tempat penerbangannya adalah Bandara Kualanamu yang letaknya berada di daerah kabupaten Deli Serdang. Bandara ini merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sebelum bandara ini berdiri, nama bandaranya adalah bandara Polonia yang berada di kota Medan. Karena keberadaan Bandar udara ini mengalami keterbatasan operasional dan kondisi fasilitas yang tidak memungkinkan untuk menampung kebutuhan pelayanan angkutan udara yang semakin meningkat. Maka bandara pun dipindahkan ke Kabupaten Deli Serdang. 

Dan memiliki luas 26 km arah timur dari pusat kota Medan. Sebelum dijadikan bandara, lokasi ini merupakan areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa yang terletak di Beringin, Deli Serdang, Sumatera Utara. Selain itu pembangunan ini merupakan bagian dari MP3EI untuk menggantikan Bandar Udara Internasional Polonia yang berusia lebih dari 85 tahun. Bandara ini diharapkan dapat menjadi sebagai bandara pangkalan transit internasional pada kawasan Sumatera dan sekitarnya.


Soft Launching Plaza UKM Pusat Oleh-oleh Sumatera Utara

Sekarang ini para pengunjung yang menggunakan layanan Bandara Kualanamu tidak kesulitan lagi ingin mencari makanan maupun produk-produk khas Sumatera Utara karena telah ada Plaza UKM Pusat Oleh-oleh Sumatera Utara Bandara Kualanamu. Dengan adanya Plaza UKM ini memudahkan bagi pengunjung yang menggunakan layanan bandara ini untuk membawa oleh-oleh khas Sumatera Utara. Bahkan saat menunggu penerbangan bisa menikmati makanan dari para UKM di Plaza ini bahkan dapat membeli produk lainnya. Karena plaza UKM ini tidak hanya menjual oleh-oleh saja melainkan banyak produk lainnya. 

Tanggal 18 Maret 2019 pukul 11.00 wib diadakan Soft Launching Plaza UKM yang berlangsung di lantai 2 Gedung Railink Bandara Kualanamu, dan akan disegerakan Grand Launching dalam waktu dekat. Soft launching ini mengundang para media, dan juga banyak instansi lainnya. Dan dalam acara ini dimeriahkan dengan tarian daerah.

Pak Suwito memberi kata sambutan sebelum launching Plaza UKM ini bahwa angkasa pura ini digandeng untuk membantu para ukm-ukm. Kemudian ada Ibu Maike Ritonga selaku Kabid Bina Objek Pariwisata yang sekaligus membuka soft launching Plaza UKM pusat oleh-oleh bersama dengan para pejabat-pejabat yang diundang pada acara tersebut. 






Setelah soft launching acara tersebut para media dan blogger bersama MC mengitari stand-stand yang ada disitu untuk melihat produk-produk yang akan dijual. Ada beberapa stand yang telah dibuka diantaranya menjual baju batik, gaun pengantin, tas, sepatu, sandal yang menunjukkan corak Sumatera Utaranya, ulos dan lainnya. Dan ada juga stand makanan ringan seperti dodol, keripik dan lainnya. Selain itu ada juga menjual kaos dengan sablon gambar becak daerah kota Medan dan lainnya. Namun, masih ada stand-stand yang perlu diisi tentu saja tetap menjual produk yang mencirikan daerah Sumatera Utara. Kita tahu bahwa daerah Sumatera Utara memiliki banyak kabupaten dan yang diharapkan oleh ibu Maike sebaiknya menjual produk daerah sendiri bukan produk luar. Untuk menunjukkan identitas daerah Sumatera Utara, hal ini agar daerah lain mengenal ciri khas dari Sumatera Utara. 





Plaza UKM ini berada di lantai 2 Gedung Railink Bandara International Kualanamu. Dimana plaza ini memfasilitasi para pelaku usaha dan UKM di Sumut, dengan berbagai produk sektor home industry, kerajinan, Souvenir, perdagangan, jasa, kuliner, pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya di area Bandara International Kualanamu sebagai “Gerbang” dalam pengembangan ekonomi daerah. Sehingga stand-stand yang berada di Plaza ini memiliki berjenis-jenis stand antara lain : Handycraft area, fashion area, food area, souvenir dan bazar kuliner. 



Setelah mengitari stand-stand para ukm lalu diadakan presscon oleh Bapak Sopyan dan Ibu Maike Ritonga mengenai ukm-ukm yang ada di Plaza UKM tersebut. Dalam presscon ini Bapak Sopyan mengatakan diupayakan harga dari produk ukm ini sebisa mungkin dengan harga yang mudah terjangkau. Bahkan dengan harga sewa 3 juta rupiah sudah dapat menyewa stand di Plaza UKM ini. Selain itu, untuk produk-produk yang akan dijual di Plaza UKM ini tidak semua produk bisa dijual karena ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Untuk lebih jelasnya bisa dikunjungi di bagian informasi bila ingin bergabung di Plaza UKM ini dan kantornya berada di Plaza UKM ini. Apakah anda berminat? Bila berminat yuk buruan untuk bergabung di Plaza UKM ini. Mengenai promosi Plaza UKM ini ke depannya menggunakan sosial media dan saat ini masih menggunakan media radio.

Adapun Background Plaza UKM Pusat Oleh-oleh Sumut, antara lain :
1. Masih dibutuhkan lokasi pengembangan Usaha, pengenalan serta peluang pasar, produk dan kuliner Sumatera Utara khususnya UKM yang terintegrasi terhadap Pasar Domestik maupun Internasional.
2. Membuka peluang dan memfasilitasi para pelaku usaha dan UKM di Sumut, dengan berbagai produk sektor Home industri, kerajinan, souvenir, perdagangan, jasa, kuliner, pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya di Bandara Internasional Kualanamu sebagai “Gerbang” pengembangan ekonomi daerah.
3. Turut mendukung upaya pemerintah daerah dan pengelola Bandara, dalam mewujudkan Bandara Internasional Kualanamu sebagai “Airport Mall” yang turut juga mendukung perekonomian UKM.
4. Mampu menciptakan pasar produk usaha dan UKM Sumatera Utara yang “Kekinian” di area Bandara Internasional Kualanamu.
Dengan adanya Plaza UKM ini juga membantu para UKM untuk mengembangkan UKMnya, bila berminat untuk membuka UKM di tempat ini bisa datang langsung ke bagian informasi untuk mendapatkan informasi bagaimana membuka stand di Plaza UKM ini.

Di kawasan Plaza UKM ini juga disediakan berbagai jenis fasilitas berupa musholla, toilet, kursi taman, smooking area, foodcaourt area dan arena permainan. Jadi, semakin lengkap fasilitas yang tersedia di area Bandara Kualanamu.  

18 komentar:

  1. 3 juta sebulan, nantinya harga oleh2 naik banget ya kan kak Fuji.

    Kalo wisdom, mungkin miliH beli sebelum pulang.
    Kalo wisman, kayak bule2 mungkin bisa Laaaah.

    BalasHapus
  2. Makin lengkap aja fasilitas di kualanamu ya, salah satu bandara terbaik di Indonesia nih.
    Mantap lah, semoga harganya nggak mahal2 amat ya hehehe

    BalasHapus
  3. Ada stand baju penganten jugak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak... bahkan ada hanbok lagi, mbak. Saya tertarik dengan Hanboknya mbak :)

      Hapus
  4. Saya belum pernah kesana kak, semoga bisa kesana sangat menarik untuk disinggahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemari mbak, kalo kemari hubungi saya ya, mbak. Sebenarnya saya pengen mbak kemari :)

      Hapus
  5. Akhir tahun 2017 lalu, saya sempat transit disini, itupun cuma 30 menit, jadi gak sempat mengeksplore bandara Kualanamu. Sekarang Makin keren yah, wisatawan jadi lebih mudah beli oleh-oleh khas... Mantap surantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas... Alhamdulillah Bandara Kualanamu sekarang fasilitasnya udh makin lengkap, saya pun terkejut saat datang ke Kualanamu, karena makin ok. semoga semakin ok lagi :) dan tentu kita jadi bangga sebagai orang Indonesia memiliki fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya.

      Hapus
  6. Gagal fokus tuh Ama kue kue yang mirip pocong itu hihihi, kayaknya enak tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu dodol mas.... mengenai rasa jangan ditanya, enak loh mas. saya aja sangat suka dodol yang mirip pocong itu hehehe...

      Hapus
  7. Lebih murah dong ya mbak kalau produk dari ukm.. semoga saya bisa menginjakkan kaki di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga Allah memberikan kemudahan... :)

      Hapus
  8. Tamu yg buru2. Bisa lah d arahkan kmari buat buah tangan skarang. 😀

    BalasHapus
  9. keren nih 😍 Semoga saja harganya juga bersahabat di kantong

    BalasHapus
  10. Mantap kak. Sekarang mau beli oleh-oleh khas Sumut nggak takut habis waktu lagi ya. Sambil pulang di Bandara tinggal mampir sebentar. Asyikk

    BalasHapus
  11. Udh sepi kaak... T_T sempat buka disitu, tp masih blm banyak yg mampir. Mungkin pengelonya harus cari cara utk menarik pengunjung ke situ, soalnya banyak jg stand yg udh ttup. Hehe

    BalasHapus
  12. mestinya harga tiket juga kembalo bersahabat. kalau bagasinya aja mahal, jadi mikir berkali2 utk sekedar bawa oleh2 huhuhu

    BalasHapus

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *