Perbincangan Kesehatan dengan Malaysia Healthcare dan Ramsay Sime Darby Health Care - Fuji Astuty

Sabtu, Juli 27, 2019

Perbincangan Kesehatan dengan Malaysia Healthcare dan Ramsay Sime Darby Health Care



Pentingnya Kesehatan

Kita tahu bahwa setiap orang ingin sehat. Sering orang mengucapkan bahwa sehat itu mahal, itu adalah istilah umum yang diucapkan orang. Bila kita sakit, sulit untuk kita melakukan aktifitas apapun, untuk kesembuhan kita berani membayar mahal. Karena itu istilah tersebut menjadi istilah umum di masyarakat. Sebaiknya, kita melakukan pencegahan terlebih dahulu bukan pengobatan. Banyak masyarakat lebih menyukai pengobatan dibandingkan pencegahan. Ketika sehat, adakalanya dia tidak memperdulikan kesehatannya. 

Semakin maju teknologi diikuti oleh informasi yang mudah diperoleh, maka banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan. Maka mereka akan memikirkan kesehatan dan mencari rumah sakit untuk memeriksa kesehatan dan ketika sakit, tentu mencari rumah sakit yang memiliki dokter serta fasilitas yang baik. Dengan adanya kerjasama antar negara, mudah bagi masyarakat untuk memeriksa kesehatan atau berobat ke luar negeri. 

Malayasia Healthcare

Kini, Malaysia Healthcare hadir di tengah-tengah masyarakat Medan mulai tanggal 19 Juli 2019. AirAsia Travel Fair mengadakan acara mulai tanggal 19-21 Juli 2019 di Mall Centre Point, Medan, Sumatera Utara. Dengan acara ini diharapkan masyarakat Medan semakin mengenal Malaysia Healthcare sehingga membantu di dalam kesehatan pada masyarakat Medan. Ada program yang ditawarkan oleh Malaysia Healthcare itu sendiri antara lain onkologi, dan ortopedi hingga paket perawatan yang menarik dan terjangkau dari sejumlah fasilitas kesehatan swasta terkemuka di Malaysia seperti Ramsay Sime Darby Health Care. 



Sabtu lalu di tanggal 20 Juli 2019, Blogger Medan mendapatkan kesempatan untuk melakukan  bincang-bincang kesehatan bersama Ramsay Sime Darby Health Care yang diadakan oleh Malaysia Healthcare Travel Council dengan tema "Fit for Life" di Santika Hotel Medan. Dalam perbincangan ini Dr Savitha selaku Head of Strategic Partnership, Malaysia, Ramsay Sime Darby Health Care membahas mengenai pola hidup yang disesuaikan dengan tema perbincangan Fit for Life, dimana semua dimulai dari pola hidup. Menurut Dr. Savitha bahwa untuk menjalankan pola hidup sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

- Diet seimbang yang sehat
- Mempertahankan berat badan yang sehat
- Rajin berolah raga
- Tidak mengkonsumsi rokok
- Minum alcohol dalam jumlah yang sedang
- Cukup istirahat
- dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan 



Diawal saya telah mengatakan bahwa sehat itu penting karena itu alangkah baiknya bila kita melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum sakit. ada beberapa hal yang diberitahu oleh Dr. Savitha terkait dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, yaitu :

- 1x setahun
- Mengetahui isi paket medical check up
- Memilih sesuai kebutuhan
- Konsultasi 

Di tahun 2018, Malaysia Healthcare telah melayani lebih dari 1.2 juta wisatawan medis, angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 14% bila dibandingkan tahun 2017. Untuk pasien asal Indonesia juga mengalami peningkatan 11% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurut Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer, Malaysia Healthcare Travel Council, menyampaikan “Malaysia menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia bagi para wisatawan medis. Oleh karena itu, Malaysia juga memiliki 200 rumah sakit swasta, di mana 73 di antaranya terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare serta dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan yang berkualitas, teknologi kesehatan dan fasilitas yang lengkap untuk melayani pasien dari seluruh dunia.  

Kerja sama antar negara tidak hanya memudahkan bagi kita untuk berkunjung ke suatu negara dalam hal kesehatan melainkan saat ini, kita tidak perlu kesulitan untuk mengenal rumah sakit di luar negeri khususnya di Malaysia. Karena Malaysia Healthcare telah hadir di Indonesia, dan kini mereka juga hadir di berbagai kota di Indonesia, salah satu kotanya di Indonesia yaitu Medan. Kita tahu bahwa masyarakat Indonesia suka melakukan kunjungan ke Melaka, Penang, Sarawak, Selangor dan Kuala Lumpur untuk kesehatan. Hal ini dilihat dari jarak geografis yang sangat dekat antara kota Medan dengan Malaysia, sehingga rute penerbangan pun langsung dari Medan ke Kuala Lumpur dan Pulau Penang. Selain itu ada kesamaan dalam hal budaya yang dimiliki oleh Malaysia maka kita tidak kesulitan untuk melakukan penyesuaian diri. 

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah suatu badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata di Malaysia. MHTC ini berdiri pada tahun 2009 dengan memfasilitasi dan mengembangkan industri pariwisata kesehatan Malaysia di bawah brand “Malaysia Healthcare”untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama pariwisata kesehatan di dunia. Sejak itu, MHTC telah menyatukan para industri dan penyedia layanan di dalam sebuah strategi pengembangan yang berfokus untuk meningkatkan profil pariwisata kesehatan Malaysia di kancah dunia.



Fit For Life

Dengan perbincangan tersebut saya banyak mengetahui mengenai pentingnya kesehatan dan bagaimana melakukan pemeriksaan kesehatan dengan baik. Tidak hanya itu saja, saat ini pemerintah Malaysia melakukan peningkatan di dalam pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakatnya sekaligus di dunia. Kita bisa melihat dari layanan kesehatannya dimana banyak alat-alat medis canggih, dokter yang berpengalaman serta tim medis yang terampil dan cenderung lebih terjangkau biayanya dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Malaysia telah melakukan terobosan dalam dunia kesehatan baik pelayanan maupun fasilitasnya melalui Malaysia Healthcare Travel Council
Pada perbincangan kesehatan “Fit for Life” seorang Marketing Director Indonesia, MHTC yaitu Farah Delah Suhaimi memaparkan MHTC itu bukan travel agent melainkan sebuah lembaga pemerintah dalam bidang wisata medis di Malaysia.

Dalam bincang kesehatan Fit for Life, Farah Delah Suhaimi (Marketing Director Indonesia, MHTC) menjelaskan, MHTC bukan travel agent, melainkan lembaga pemerintah yang fokus pada wisata medis di Malaysia.

Selain itu, Malaysia juga menawarkan perawatan End-to-End bebas hambatan, maka dengan adanya layanan tersebut akan memudahkan bagi siapa saja yang akan berobat ke Malaysia. Dimana informasi mengenai layanan kesehatan akan mudah diperoleh beserta fasilitas mengenai transportasi, akomodasi serta perjalanan di Malaysia, sehingga bagi yang ingin berobat ke sana tidak akan kebingungan lagi. Bahkan Malaysia Healthcare telah memiliki lounge di Bandara KLIA dan Bandara International Penang yang sudah terintegrasi dengan pusat panggilan MHTC.

Melihat kunjungan wisawatan pasien di Malaysia Healthcare mengalami peningkatan, karena kelengkapan fasilitas dan dokter yang ahli pada Malaysia Healthcare. Ada banyak penghargaan yang mereka terima mulai tahun 2015 hingga sekarang. Ada 3 rumah sakit di Malaysia yang telah bergabung pada Ramsay Sime Darby Health Care , diantaranya Ara Damansara Medical Center, rumah sakit ini dikenal dalam pengobatan mengenai penyakit otak, jantung, tulang belakang dan sendi. Subang Jaya Medical Center, yaitu rumah sakit untuk pasien yang terkena penyakit kanker, penyakit darah, jantung, sistim pencernaan, radiologi vascular dan berbagai ragam jenis penyakit lainnya. Sedangkan Parkcity Medical Centre yaitu sebuah rumah sakit untuk anak-anak dan wanita lansia.

Untuk informasi mengenai layanan kesehatan di Malaysia, seperti perawatan medis, akomodasi dan perjalanan, dapat dilihat melalui web :

www.medicaltourismmalaysia.com
www.mhtc.org.my

Melalui sosial media :
IG/FB : /medtourismmy.id


Tidak ada komentar:

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *