Sejarah dan Wisata - Fuji Astuty

Minggu, Oktober 22, 2023

Sejarah dan Wisata


Istana Maimon

Aktifitas yang begitu padat terkadang membuat kita merasa jenuh. Solusinya adalah jalan-jalan atau berwisata. Dengan aktifitas yang lumayan padat, untuk melakukan berwisata bukanlah hal yang mudah. Kenapa? Karena, kita harus berpikir apa tujuan kita untuk berwisata ? Dan berapa lama kita harus berwisata? Dan apa yang kita dapatkan setelah berwisata? Yang dikhawatirkan setelah berwisata, adalah kelelahan. Hal ini dikarenakan jarak tempuh dari tempat wisata. Sehingga di perjalanan sudah cukup lelah. Dan besoknya kita harus kembali beraktifitas. Tentu, kita butuh waktu untuk istirahat. 

Selain itu, dalam berwisata, kita juga perlu memikirkan anggaran yang harus kita habiskan untuk berwisata. Tempat wisata di Medan lumayan banyak. Semua tergantung dari orangnya. Ada orang yang senang berwisata ke alam, ada yang senang berwisata ke luar negeri, dan ada pergi ke tempat-tempat sejarah. Namun, apakah pergi ke mall termasuk berwisata? Mall adalah tempat hiburan karena ada tempat bermain anak, bioskop dan sebagainya. 

Berwisata ke luar negeri, tentu saja kita butuh anggaran yang lumayan besar. Namun, bila kita cerdas di dalam finansial. Kita tidak akan menghabiskan uang yang banyak untuk berwisata ke luar negeri. Pergi berwisata di dalam negeri juga bisa menghabiskan dana yang besar, apabila kita makan di tempat tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang sudah membawa bekal atau makanan dari rumah. Bahkan untuk makanan ringan dan minum sudah disiapkan di rumah. Hanya saja, adakalanya, tempat-tempat wisata tidak mengijinkan untuk membawa makanan. Sehingga butuh perencanaan yang matang untuk berwisata. Yang dikhawatirkan setelah berwisata kita mendapatkan banyak masalah di dalam keuangan, karena kurang perencanaan. 

Namun, sering terjadi di lapangan, sesuatu yang direncanakan terkadang bisa tidak terwujud dan yang tidak direncanakan bahkan bisa terwujud. Hanya saja, kita bisa melihat apabila kita berwisata tanpa ada persiapan tentu banyak yang harus dikeluarkan, bukan hanya itu saja kita juga merasa lelah di dalam perjalanan. 

Sekarang ini pemerintah sibuk dengan menggalakkan pariwisata. Dan sekarang ini, pemerintah juga membuat program wisata halal. Mulai dari makanannya, bahkan tempat-tempat sejarahnya dan sebagainya. Namun, apakah di Sumatera Utara bisa menjadi destinasi wisata halal? Tidak semua daerah di Indoensia bisa menjadi tempat wisata halal. Ada beberapa daerah yang bisa dijadikan destinasi wisata halal, yaitu : 

1. Aceh

2. Riau dan Kepulauan Ria

3. Sumatra Barat

4. DKI Jakarta

5. Jawa Barat

6. Jawa Tengah

7. Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Malang

9. Sulawesi Selatan

10. Lombok


Masjid Raya

Meskipun di Sumatera Utara bukanlah menjadi wisata halal, namun Sumatera Utara juga memiliki banyak tempat-tempat wisata. Seperti di kota Medan, kita bisa berkunjung ke istana Maimon, Masjid Raya Ma’shum, dan lainnya. Umumnya, orang yang tinggal di kota Medan, sering melewati istana Maimon dan Masjid Raya Ma’shum. Namun, kita melupakan sejarah mengenai istana Maimon dan Masjid Raya. Dengan demikian, adakalanya kita perlu berkunjung ke istana Maimon meskipun kita sering melewatinya. Namun, yang perlu kita pahami, kita datang bukan hanya untuk menghilangkan kepenatan melainkan kita perlu memberitahukan kepada anak-anak kita mengenai sejarah di kota Medan. 



1 komentar:

  1. Banyak banget memang tempat wisata sejarah dan wisata di Medan ini ya,Kak. Sebenarnya kalau memang niat aja bisa lebih banyak yang dijelajahi nih. Senang deh bisa diajakin keliling gini lihat istana maimun.

    BalasHapus

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *