Khasiat Terapi Air Hangat - Fuji Astuty

Minggu, Maret 26, 2017

Khasiat Terapi Air Hangat

Banyak orang kini melakukan terapi air baik air dingin maupun hangat. Air hangat dapat juga dijadikan sebagai terapi selain air dingin. Dan ini menjadi salah satu kebiasaan orang China dan Jepang yang selalu minum teh atau air hangat setelah makan. Berbeda dengan orang Indonesia yang lebih menyukai air es teh atau minuman dingin setelah menyantap makanan bakso panas atau makanan lainnya.
Memang enak untuk minum minuman dingin setelah makan, apalagi dalam cuaca panas. Akan tetapi, air dingin akan memadatkan minyak yang dikonsumsi. Ia akan memperlambat pencernaan karena pencernaan membutuhkan suasana yang encer, cair dan bukan memadat. Sekali “kotoran” ini bereaksi dengan asam, ia akan dipecah dan diserap oleh intestine lebih cepat daripada makanan padat. Ia akan berbaris dalam usus besar. Dengan cepat, ini akan berubah menjadi lemak dan menjadi pemicu kanker. wah ternyata ini menjadi salah satu penyebab kanker. Jadi mulai sekarang, kita mulai biasakan untuk minum minuman hangat setelah makan.

Untuk melakukan terapi air hangat bisa dilakukan sendiri. Dengan cara, mandi atau siramlah tubuh dengan air hangat. Kemudian berendam dengan air dingin yang bersuhu 180C. Sehingga tubuh akan menjadi lebih terlatih dalam menghadapi berbagai serangan penyakit.




Dan bila kita mengalami ketegangan otot, dapat dilakukan dengan mandi air hangat yang bersuhu 370C. Selain itu, dapat juga dengan merendam kaki dalam air hangat yang bertemperatur 37-390C dan bisa untuk mengobati gejala kurang tidur maupun infeksi. Sedangkan mandi dengan pergantian rangsangan panas dingin akan menstabilkan kerja jantung dan aliran darah.


Mandi air hangat ternyata lebih dianjurkan daripada mandi dengan air yang dingin. Karena, dengan mandi air hangat sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh kita, antara lain :
  • Mandi air hangat akan membuat pori-pori kulit kita akan terbuka sehingga kulit akan menjadi terlihat lebih segar dan tidak kering.
  • Dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang tubuh saat ini. karena dengan menghirup uap panas yang berasal dari air hangat akan mampu menghilangkan iritasi pada tenggorokan kita.
  • Dapat memperlancar peredaran darah, salah satunya peredaran darah yang menuju otak sehingga kita terhindar dari penyakit migrain.
  • Menghilangkan rasa stress dari pikiran kita yang telah dipenuhi oleh berbagai masalah.
  • meringankan penderita diabetes, karena mandi air hangat ataupun berendam selama setengah jam akan menurunkan tingkat gula darah bagi penderita diabetes.
  • Mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak, sehingga saat bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.
selain mandi air hangat, terapi air hangat dapat dilakukan dengan meminumnya. Dokter juga telah merekomendasikan air hangat. semalaman tidak minum air akan menyebabkan kekentalan darah meningkat, terutama bagi para manula yang memiliki kolesterol tinggi, sehingga saat bangun tidur sebaiknya kita minum air hangat terlebih dahulu untuk mengencerkan cairan darah.


Lalage, Zerlina. 2015. Hidup Sehat Terapi Air. Abate Press: Klaten

Tidak ada komentar:

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *