Pentingnya Terapi Air Dingin - Fuji Astuty

Jumat, Maret 24, 2017

Pentingnya Terapi Air Dingin

Air merupakan zat yang terpenting di dalam kehidupan. Semua makhluk hidup di dunia, baik tumbuhan, hewan, dan manusia selalu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Bagi tumbuhan, air sangat dibutuhkan di dalam proses fotosintesis dan respirasi (pernapasan). Dua proses tersebut merupakan dua proses kehidupan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri. Bagi hewan darat seperti kambing, kerbau dan sebagainya menggunakan air untuk minum. Sedangkan hewan air seperti ikan dan sebagainya, air merupakan tempat untuk hidup maupun berkembang biak. Untuk manusia, air merupakan sumber kehidupan. Lebih dari 70% dari berat tubuh manusia bersumber dari air. Walaupun ditemukan air di dalam sejumlah bagian badan, lebih banyak air ditemukan dalam organ seperti paru-paru, otak, hati, jantung, dan lainnya.
Melihat begitu besarnya komponen air di dalam tubuh, maka bila terjadi kekurangan pasokan air tentunya tubuh akan mengalami gangguan dan melemahkan pertahanan diri terhadap serangan penyakit. Terlebih lagi bila kekurangan tersebut terjadi terus menerus dan berlangsung lama. Dampak lain dari kekurangan air yaitu dehidrasi, dimana tubuh kehilangan air dalam jumlah yang banyak.


Pentingnya Terapi Air Dingin


Di samping menyehatkan untuk diminum, air putih juga berkhasiat untuk pengobatan. Sehingga banyak orang melakukan terapi salah satunya terapi air dingin. Sejak tahun 1857, ilmuwan Charles Darwin pernah bertanya-tanya, mengapa mandi dengan air dingin agaknya menyembuhkan dirinya dari rasa sakit, nyeri, dan mual yang dia derita. Ia pun penasaran namun tidak bisa menjawabnya. Kini sebuah lembaga riset trombosis di London menyatakan telah dapat memberikan jawaban. Menurut hasil penelitian bahwa apabila seseorang selalu mandi air dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar.  Menurut para periset itu juga, mandi pagi hari dengan air dingin, jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat tidak mudah retak, serta rambut pun tumbuh lebat. Demikian pula menurut Prof. Fakkar, mengungkapkan, pengobatan melalui mandi dengan air dingin membantu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit asma. Tetapi yang perlu diingat, kadar dinginnya air haruslah yang masih bisa ditahan tubuh manusia antara lain 150C. Fakkar juga masih melakukan penelitian terhadap 5.000 orang lagi sebagai responden. 

Dimana pasien menderita keletihan tanpa sebab. Setelah mandi air dingin, mereka sembuh. Sebelumnya, para pasien itu tiap harinya hanya mampu berbaring keletihan di tempat tidur selama 17-19 jam, namun setelah mandi teratur dengan air dingin mereka kembali membaik. Selain itu juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, serta gangguan jiwa. Penyakit ringan misalnya batuk, pilek, suara serak, dan kurang tidur bisa disembuhkan. 

Lalage, Zerlina. 2015. Hidup Sehat Terapi Air. Abate Press: Klaten

Tidak ada komentar:

Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *